Cari Artikel

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini165
mod_vvisit_counterKemarin193
mod_vvisit_counterMinggu ini1358
mod_vvisit_counterMinggu lalu743
mod_vvisit_counterBulan ini2597
mod_vvisit_counterBulan lalu2532
mod_vvisit_counterSeluruhnya82713

We have: 20 guests online
IP Anda: 3.85.245.126
Today: 19 Okt, 2019

Link Pendidikan


w-dikti
w-kemdiknas
w-nisn





LSP - APHP

UJI COBA PENANGANAN BAHAN HASIL

Ditulis oleh DEWI YULITA Sabtu, 29 September 2018 07:17

UJI COBA PENANGAN BAHAN HASIL

 

APHP.1

APHP.2

APHP.3

APHP.4

 

LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI (LSP - P1)

Ditulis oleh DEWI YULITA Jumat, 28 September 2018 05:39

LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI (LSP)

SMK PP NEGERI 1 TEGALAMPEL BONDOWOSO

 

Latar Belakang

SMK dalam keberadaannya sebagai lembaga pendidikan kejuruan telah menjadi pilihan utama bagi para orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya, terutama bagi putra-putri mereka yang memiliki kecerdasan motorik lebih baik dari akademiknya. Tumbuhnya tingkat kepercayaan masyarakat tersebut, perlu diimbangi oleh kesediaan sekolah untuk senantiasa melakukan upaya perbaikan kualitas pengelolaan (quality improvement), menjamin 8 komponen pendidikan sesuai standar kualitas yang ditetapkan (quality assurance), dan melakukan kontrol setiap tahapan proses pendidikan (quality control) untuk memastikan lulusan memiliki penguasaan kompetensi sesuai tuntutan para pelanggannya (peserta didik, orangtua, dan pengguna lulusan).


Program revitalisasi SMK yang dicanangkan oleh pemerintah  melalui Inpres no 9  Tahun 2016 bertujuan untuk memastikan lulusan memiliki penguasaan kompetensi sesuai tuntutan para penggunanya, antara lain  dengan melakukan pembentukan LSP-P1 bagi SMK. Melalui LSP-P1, siswa mendapatkan pengakuan dari Badan Nasional Sertifikasi profesi (BNSP) secara tertulis dan sejalan dengan kebutuhan dari Dunia Usaha dan dunia Industri mengenai kompetensi yang di milikinya yang berupa Sertifiakt Kompetensi.

 

Pengertian LSP

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi

 

Tujuan Pembuatan LSP-P1

  • ØMelaksanakan uji kompetensi berstandar KKNI/SKKNI/internasional bagi peserta didik yang sedang dalam proses pembelajaran dan angkatan/tenaga kerja yang mengikuti pendidikan/pelatihan/pembekalan dalam jejaring SekolahMenengah Kejuruan .
  • ØMelaksanakan proses sertifikasi dengan menerapkan sistem manajemen mutu sesuai dengan panduan BNSP dan melakukan inovasi manajemen mutu LSP.
  • ØMenerbitkan sertifikat kompetensi berlisensi BNSP sebagai perwujudan profesionalitas sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika
  • ØMewujudkan dan mengembangkan skema sertifikasi kompetensi bidang Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
  • ØMewujudkan Tempat Uji Kompetensi telah memenuhi persyaratangood practices.

 

Sasaran LSP-P1

  • Terlaksananya uji kompetensi berstandar KKNI/SKKNI/internasional bagi peserta didik yang sedang dalam proses pembelajaran dan angkatan/tenaga kerja yang mengikuti pendidikan/pelatihan dalam jejaring SekolahMenengah Kejuruan.
  • Terlaksananya proses sertifikasi daengan menerapkan sistem manajemen mutu sesuai dengan panduan BNSP dan melakukan inovasi manajemen mutu LSP.
  • Terbitnya sertifikat kompetensi berlisensi BNSP sebagai perwujudan profesionalitas sumber daya manusia bidang Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

 

PROSES PEMBENTUKAN LSP-P1 SMK PP Negeri 1 Tegalampel

SMK PP Negeri 1 Tegalampel merupakan salah satu SMK Revitalisasi yang di tunjuk oleh pemerintah, sehingga tuntutan untuk lisensi bagi LSP-P1 merupakan hal yang harus di penuhi secepatnya. SMK PP negeri 1 Tegalampel dengan bidang kompetensi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Agribisnis Pengolahan hasil Pertanian telah mengikuti program penyusunan dokumen mutu bagi pembentukan LSP-P1. Dokumen mutu yang telah di buat meliputi panduan mutu, SOP dan Skema.


Kegiatan yang telah diikuti oleh personil LSP-P1 SMK PP Negeri 1 Tegalampel meliputi:

  • Økegiatan Bimtek pembuatan dokumen mutu pada tahun 2016
  • Økegiatan Bimtek revisi skema pada tahun 2017
  • Økegiatan Bimtek revisi skema pada tahun 2018

Dari keikutsertaan pada kegiatan tersebut, SMK PP Negeri 1 Tegalampel telah melaksanakan kegiatan Full Assesment yaitu pada bulan Agustus 2018. Dari uraian di atas, kami sangat berharap LISENSI LSP-P1 SMK PP Negeri 1 Tegalampel dapat segera kami peroleh.


SMK PP Negeri 1 Tegalampel sudah pernah melaksanakan Uji Kompetensi Bidang Perbenihan Program dari Kementrian Pertanian dengan menggunakan TUK Sewaktu SMK PP Negeri 1 Tegalampel yang diikuti oleh 25 siswa.  Hasil dari pelaksanaan uji kompetensi tersebut menyatakan bahwa asesi KOMPETEN pada bidang yang diujikan


Kegiatan terakhir yang dilaksanakan oleh SMK PP Negeri 1 Tegalampel adalah visitasi Pusat Belajar Bagi guru produktif dari P4TK Pertanian Cianjur.Tujuan visitasi ini adalah untuk menilai kelayakan SMK PP Negeri 1 Tegalampel untuk dijadikan sebagai Pusat Belajar bagi guru produktif. Selain itu juga dilakukan verifikasi TUK Sewaktu bidang Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), Mekanisasi Pertanian dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP).